Ghani: Keluarnya Militer AS Tak Pengaruhi Situasi Keamanan Afghanistan

0
10

Kabul,LiputanIslam.com-Presiden Afghanisan dalam pertemuan dengan para komandan militer negara itu berbicara soal rencana pengurangan kekerasan dan kesepakatan antara AS-Taliban. Menurut Ashraf Ghani, keluarnya 4 ribu serdadu AS tak akan berpengaruh pada kondisi keamanan Afghanistan.

AS dan Taliban dikabarkan bersepakat, jika kelompok teroris itu sukses mengurangi kekerasan di Afghanistan dalam rentang waktu 7 hari, maka sebagian dari serdadu AS akan ditarik dari negara itu.

“Kesempatan untuk mewujudkan perdamaian ini adalah buah dari perjuangan aparat keamanan. Keteguhan aparat keamanan dalam dua tahun terakhir membuat kelompok Taliban gagal meraih tujuan mereka,”tandas Ghani.

“Sikap kita untuk mengakhiri perang menciptakan peluang yang memaksa Taliban untuk mengurangi kekerasan,”lanjutnya.

Sebelum ini, Ghani hanya menginginkan kesepakatan gencatan senjata total dengan Taliban. Ia mengatakan, pemerintah Afghanistan menggunakan segala peluang untuk mengakhiri perang. Meski demikian, kata Ghani, akhir perang bergantung pada kehendak Taliban.

“NATO dan masyarakat internasional mengumumkan, mereka akan mendukung militer Afghanistan selama perdamaian bisa diwujudkan di negara kita,”tegasnya.

Para komandan militer Afghanistan juga menyatakan, aparat keamanan mendukung sepenuhnya proses perdamaian untuk mengakhiri perang di negara tersebut. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Bom Bunuh Diri Terjang Pawai Keagamaan di Pakistan, Sedikitnya 7 Orang Tewas

Presiden Assad Ucapkan Selamat Kepada Penduduk Aleppo atas Kemenangan Tentara Suriah

DISKUSI:
SHARE THIS: