Gara-gara Iran, Jenderal AS Akui Negaranya Tak Lagi Unggul di Udara

0
386

Teheran,LiputanIslam.com– Komandan CENTCOM, Jenderal Kenneth Frank McKenzie mengakui bahwa Iran memiliki kekuatan mumpuni di bidang pesawat-pesawat nirawak.

”Iran menggunakan drone-drone berukuran kecil dan sedang secara besar-besaran untuk mengintai dan menyerang. Ini menyebabkan kita, untuk pertama kalinya sejak Perang Korea, harus beroperasi tanpa memiliki keunggulan di udara,”tulis McKenzie dalam laporan kepada Komite Layanan Bersenjata Majelis Perwakilan AS.

McKenzie mengakui ketangguhan drone-drone Iran dan menyatakan, ”Selama kita belum bisa membuat dan menempatkan (di Timteng) sebuah kekuatan jaringan untuk mengidentifikasi dan mengalahkan sistem udara nirawak, keunggulan akan berada di pihak penyerang”.

Komandan CENTCOM mengklaim, Iran adalah ancaman harian bagi Tentara AS dan para sekutu Washington di Timteng. McKenzie memperingatkan bahwa keunggulan militer AS di Timteng sudah mulai pupus.

Bukan kali pertama ini Jenderal AS ini mencemaskan kemampuan pertahanan Iran. Sebelum ini, McKenzie sudah mengkhawatirkan pembalasan Iran atas teror terhadap Syahid Qassem Soleimani yang dilakukan AS.

“Saya merasa, masih ada bahaya bahwa mereka (orang-orang Iran) menjadikan pembalasan sebagai langkah praktis,” kata McKenzie saat itu. (af/fars)

Baca Juga:

Gantz: Hizbullah Tantang Israel dengan Cara-cara Baru

Israel Bergembira atas Wafatnya Seorang Jenderal Iran, Ini Tanggapan Sengit Komandan IRGC

DISKUSI: