Foto dan Video Hoaks Bertebaran di Tengah Krisis Ukraina

0
533

Moskow,LiputanIslam.com-Di tengah berkecamuknya pertempuran di Ukraina, para netizen sibuk memperbincangkan topik yang tengah hangat ini. Di antaranya dengan cara memublikasikan foto atau video terkait perang Rusia vs Ukraina. Namun tak jarang sebagian darinya adalah foto dan video palsu atau yang bahkan tak ada kaitannya sama sekali.

Pada Kamis pekan lalu, media-media mengabarkan kepalsuan kabar dilindasnya sebuah kendaraan Ukraina oleh tank Rusia. Video kejadian ini sudah dilihat lebih dari 10 juta kali. Banyak netizen yang memublikasikannya sebagai berita tank Rusia melindas mobil Ukraina.

Namun situs France24 dalam laporannya menyatakan, berlawanan dengan semua klaim ini, tank itu bukan milik Rusia. Justru bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa tank milik Ukraina adalah pelaku pelindasan tersebut.

Contoh lainnya adalah sebuah foto yang kerap dipublikasikan berbagai medsos dan liputan berita. Foto itu dinyatakan sebagai jet Rusia yang terbakar dalam pertempuran di Ukraina.

AFP mengutip sebuah laporan yang menyatakan, ”6 jet Rusia telah jatuh. Jika Rusia tidak menghentikan serangan, api ini akan menjalar ke seluruh dunia dan berujung kepada Perang Dunia III”. Menurut AFP, ini adalah caption yang dicantumkan untuk foto ini di media-media sosial dan sejumlah liputan berita pada tanggal 24 Februari 2022.

Postingan ini menjadi viral menyusul klaim Tentara Ukraina pada 24 Februari bahwa mereka menembak jatuh 5 jet dan satu helikopter serbu Rusia.

Namun penelusuran kantor berita AFP menunjukkan, foto ini sudah diambil sejak lama. Foto ini dimuat untuk pertama kali di situs dirgantara Air Team Image dan diambil oleh Carl Ford pada 24 Juli 1993.

Menurut Ford, foto itu berkaitan dengan insiden jatuhnya sebuah jet milik Rusia dalam sebuah pameran dirgantara di kawasan Fairford, Inggris. (af/fars)

Baca Juga:

Presiden Ukraina: 16,000 Relawan Asing Siap Bertempur Melawan Pasukan Rusia

Iran Abstain Soal Resolusi PBB tentang Rusia, Ini Alasannya

DISKUSI: