Fauci Akui Efektivitas Vaksin Buatan Musuh Bebuyutan AS

0
217

Washington,LiputanIslam.com-Direktur NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases), Anthony Fauci mengakui, data-data terkait Sputnik V telah meyakinkan dirinya bahwa vaksin buatan Rusia itu “sangat efektif untuk menangkal virus Corona.”

Sebelum ini, Kemenkes AS dalam laporan tahunannya pada Januari lalu menuding Rusia berusaha untuk memperluas pengaruhnya di benua-benua Amerika. Kemenkes AS menyatakan akan meyakinkan Brasil agar tidak memberikan izin untuk Sputnik V.

“Saya telah membaca sejumlah laporan. Tampaknya ini vaksin yang baik,”kata Fauci

Fauci mengatakan, ia tak punya kesempatan untuk meneliti vaksin buatan China. Namun, kata Fauci, ada kemungkinan vaksin China sama efektinya dengan vaksin buatan Rusia.

“Namun saya yakin bahwa vaksin Rusia benar-benar efektif,”ucap Fauci.

Beberapa bulan lalu, Fauci sempat mengungkap kesangsiannya terhadap vaksin Rusia. Ia mengklaim, Pemerintah Rusia terlalu cepat mengeluarkan izin untuk Sputnik V.

“Saya berharap orang-orang Rusia membuktikan bahwa vaksin ini aman dan efektif. Saya sangat meragukan bahwa mereka sudah melakukannya,”kata Fauci saat itu kepada ABC News.

Pada awal Maret lalu, RDIF (Russian Direct Investment Fund), yang bertugas mempromosikan Sputnik V di pasar luar negeri, menyatakan sanggup memproduksi vaksin untuk 50 juta warga UE dari Juni, jika telah mendapat lampu hijau dari Biro Obat-obatan Eropa.

Sebelum ini, Kremlin mengungkap proyek AS dan sekutunya untuk mendiskreditkan kemampuan dokter-dokter Rusia untuk menghadapi Corona.

Sebuah sumber di Kremlin mengatakan kepada media-media Rusia, ”Washington dan sekutunya menyusun rencana untuk melancarkan propaganda anti vaksin Sputnik V.” (af/fars)

Baca Juga:

Maduro Sebut Vaksin Corona Buatan Rusia 100 Persen Efektif

Rusia: Pihak-pihak yang Tak Diinginkan Damaskus Hendaknya Segera Pergi

DISKUSI: