Di Tengah Pandemi Corona, AS Masih Sempat Gelar Sayembara untuk Komandan Hizbullah di Irak

0
439

Sumber foto: Al-Jazeera

Washington,LiputanIslam.com—Amerika Serikat telah mengeluarkan pengumuman sayembara bagi pemberi informasi yang bisa menjerat komandan Hizbullah, Sheikh Mohammad al-Kawtharani, rekan jenderal Qassem Soleimani yang dibunuh oleh AS didekat bandara internasional Baghdad, Irak.

Di tengah mewabahnya Pandemi Covid-19 yang proses penanganannya membutuhkan banyak dana, AS justru akan menggelontorkan dana senilai $10 juta atas pemenang sayembara tersebut.

Seperti dirilis oleh Al-Jazeera pada Sabtu (11/4) kemarin, Departemen Luar Negeri AS mengklaim Kawtharani telah mengambil alih tugas-tugas yang dulunya dilakukan oleh Jenderal Soleimani.

“Ia telah memfasilitasi tindakan kelompok-kelompok yang beroperasi di luar kendali Pemerintah Irak yang telah dengan keras menekan protes, menyerang misi diplomatik asing, dan terlibat dalam kegiatan kriminal terorganisir yang tersebar luas,” jelas Deplu AS tersebut.

Baca juga: Brigade Hizbullah Irak Siap Hentikan Operasi Anti-AS dengan Syarat

Tuduhan Deplu AS terhadap Kawtharani bertentangan dengan kenyataan bahwa AS lah yang justru telah menyerang para diplomat asing yang datang ke Irak.

Klaim ini mengingatkan kita tentang tragedi pembunuhan terhadap Jenderal Soleimani yang sedang berkunjung ke Irak dalam misi diplomatik bersama dengan komandan militer Irak. AS tanpa seizin pemerintah Irak, melancarkan serangan terhadap Soleimani dan menewaskan sejumlah pejabat militer Irak lainnya. (Fd/Al-Jazeera)

DISKUSI: