Denmark Layangkan Protes atas Aksi Spionase Saudi

0
122

Kopenhagen,LiputanIslam.com-Kemenlu Denmark dikabarkan memanggil dubes Saudi perihal upaya spionase Riyadh terhadap Kopenhagen.

“Kopenhagen memanggil dubes Saudi ke kemenlu untuk menyampaikan protes terhadap tindakan tak terpuji Riyadh yang memata-matai Denmark,”kata Jeppe Kofod (menlu Denmark).

Dubes Denmark di Riyadh jug telah menyampaikan protes Kopenhagen kepada para pejabat Saudi.

Biro intelijen Denmark (PET) pada Senin kemarin (3/2) mengumumkan, tiga petinggi kelompok Arab Struggle Movement for the Liberation of Ahwaz (ASMLA) atas tuduhan tindakan spionase untuk intelijen Saudi.

Menurut kutipan Associated Press dari Finn Borch Andersen (direktur PET), aksi spionase ini dilakukan sejak 2012 selama 6 tahun hingga 2018. Andersen mengatakan, tiga orang tersebut memata-matai individu dan sejumlah perusahaan, kemudian mengirim informasi ke biro intelijen Saudi.

Di lain pihak, kepolisian Belanda juga mengumumkan, dalam operasi gabungan dengan polisi Denmark, seorang anggota ASMLA juga ditangkap di negara itu. Menurut Amsterdam, orang tersebut sedang merencanakan serangan teroris ke Iran.

Kelompok ASMLA dibentuk di Eropa pada tahun 1999 oleh sejumlah orang yang berafiliasi ke negara-negara Arab Teluk. Markas utama ASMLA bertempat di London, Inggris. Tahun lalu, kelompok ini menyerang parade angkatan bersenjata Iran di Ahvaz dengan hujan peluru, sehingga menewaskan dan melukai sejumlah warga. (af/yjc)

Baca Juga:

Trump Buat Kesepakatan Abad Ini untuk Bantu Netanyahu Menang Pemilu?

Prancis: Solusi Sepihak Tak Bisa Atasi Konflik Palestina-Israel

DISKUSI: