Demi Raih Dukungan, AS Ubah Draf Resolusi Perpanjangan Embargo Senjata Iran

0
122

NewYork,LiputanIslam.com-Stasiun televisi al-Jazeera mengutip dari sejumlah sumbernya di PBB, bahwa Pemerintah AS telah memperbaiki draf resolusi usulannya kepada DK PBB, terkait perpanjangan embargo senjata Iran.

Menurut sumber-sumber al-Jazeera, hal ini dilakukan usai Washington gagal meraih dukungan anggota DK PBB untuk menambah peluang disahkannya draf resolusi tersebut. AS telah memperbaiki draf dan menangguhkan pemungutan suara untuk draf ini. AS berharap, perbaikan draf ini bisa meloloskannya dalam rapat DK PBB.

Al-Jazeera dan sejumlah media lain, termasuk Reuters, melaporkan bahwa AS telah mencabut permintaannya untuk memperpanjang embargo hingga masa yang tak ditentukan. Kini AS mengubah permintaannya dan menghendaki agar embargo diperpanjang hingga keputusan baru dibuat.

AS juga menghapus pasal yang menjatuhkan sanksi terhadap para petinggi Iran, termasuk perwira-perwira IRGC. Pasal inspeksi wajib atas kapal-kapal yang memuat barang-barang dari Iran juga turut dihapus.

Sebelum ini, rencananya pemungutan suara akan diadakan pekan ini. Namun Wakil AS di PBB, Kelly Craft, mengumumkan kepada al-Arabiya bahwa pemungutan suara diundur hingga pekan depan.

Pengesahan sebuah resolusi di DK PBB membutuhkan sedikitnya dukungan dari 9 negara. Di saat yang sama, resolusi tersebut juga tidak diveto oleh salah satu dari anggota tetap DK PBB, yaitu Rusia, China, AS, Inggris, dan Prancis. (af/tasnim)

Baca Juga:

Rusia dan China di DK PBB Tolak Keingingan AS Perpanjang Embargo Senjata terhadap Iran

Soal Nuklir, Teheran Kecam Standar Ganda IAEA Terhadap Iran dan Saudi

DISKUSI: