CIA Tolak Memberikan Dokumen Terkait Teror atas Qassem Soleimani

0
144

Washington,LiputanIslam.com-Badan Intelijen AS, CIA, dikabarkan menolak memperlihatkan dokumen yang berkaitan dengan aksi teror atas Qassem Soleimani kepada sebuah media AS.

Situs American Conservative menulis, teror atas Komandan Pasukan Quds IRGC itu adalah tindakan yang memperuncing ketegangan antara Iran dan AS. Selain itu, teror tersebut menyiratkan pemikiran Donald Trump bahwa ia bisa memicu perang dengan Iran tanpa harus meminta izin Kongres AS.

Menurut American Conservative , pihaknya saat ini tengah menyelidiki kebijakan luar negeri Trump terkait Iran. Majalah ini mengaku sudah berbulan-bulan menyelidiki apakah Presiden AS memiliki landasan konstitusi untuk melancarkan konflik bersenjata dengan Iran atau tidak.

Pada bulan Januari lalu, American Conservative menggunakan UU Kebebasan Informasi untuk meminta CIA memperlihatkan dokumen terkait teror atas Soleimani, terutama yang berhubungan dengan pemberitahuan kepada Kongres.

Menurut majalah AS ini, setelah beberapa bulan CIA baru menanggapi permintaan tersebut, namun dengan “jawaban yang memusingkan.”

CIA menyatakan, pihaknya tidak bisa membenarkan atau menyangkal “ada atau tidaknya” dokumen yang diminta tersebut. American Conservative menilai, jawaban tersebut bahkan lebih kabur dan lebih tidak transparan dibanding dokumen-dokumen yang kebanyakan telah disegel tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

Rouhani Pastikan Balasan Iran atas Darah Jenderal Soleimani Belum Selesai

Israel Kecewa Berat, IRGC Tetap Seaktif Seperti Masa Soleimani

DISKUSI: