China Bantu Gaza Danai Panel Surya di RS Anak Akibat Kekurangan Listrik

0
99

Gaza, LiputanIslam.com–Sebuah badan amal Palestina menandatangani kesepakatan dengan Kemenkes Gaza untuk memasok panel energi surya yang didanai China di Jalur Gaza.

The Give Palestine Association bekerja sama dengan China untuk memasang panel ini di Rumah Sakit Anak Al-Durra, Kota Gaza.

“Proyek ini akan menyediakan 90 persen listrik rumah sakit di semua departemennya, dengan kapasitas 30 megawatt,” kata Ketua Give Palestine Association, Maamoun Abu Shahla.

Abu Shahla mengatakan kepada kantor berita China, Xinhua, bahwa ini adalah kelima kalinya Beijing mendanai proyek pemasokan energi surya ke Gaza yang saat ini menderita kekurangan listrik.

Panel ini dijadwalkan untuk mulai beroperasi dalam lima bulan ke depan.

Direktur urusan rumah sakit di Kemenkes Gaza, Abdul Latif Al-Haj, mengatakan bahwa proyek penting itu akan menutupi kekurangan listrik yang parah yang mempengaruhi pengobatan pasien anak, terutama yang berada di unit perawatan intensif.

Jalur Gaza yang berpopulasi 2 juta orang itu telah berada di bawah blokade Israel sejak 2006, setelah Hamas memenangkan pemilu legislatif yang demokratis di sana. Sejak itu, Israel melakukan banyak serangan bom dan perang besar yang mengakibatkan kematian ribuan orang.

Menurut laporan dari jurnalis Press TV, Ashraf Shannon, rezim Israel menutup satu-satunya perbatasan perdagangan dengan Gaza dan mencegah semua barang masuk termasuk bahan bakar untuk pembangkit listrik.

Akibatnya, pembangkit listrik Gaza bekerja dengan kapasitas minimum. Dalam beberepa periode, warga Gaza menghadapi pemadaman listrik hingga 14 jam sehari di tengah musim panas. (ra/presstv/PC)

Baca juga: Gaza Putus Listrik Akibat Israel Tutup Akses Bahan Bakar

DISKUSI: