China Balas Memerintahkan Penutupan Konsulat AS di Chengdu

0
153

Beijing,LiputanIslam.com-Setelah reaksi dan pernyataan keras para pejabat China untuk membalas keputusan AS yang menutup Konsulat China di Houston, hari ini (Jumat 24/7) Beijing mengumumkan tindak pembalasannya secara resmi.

Menurut laporan stasiun televisi CGTN, Kemenlu China dalam statemennya menyatakan, Pemerintah AS diinstruksikan untuk segera menutup konsulatnya di kota Chengdu.

“Kondisi terkini antara China dan AS adalah sesuatu yang tak ingin disaksikan oleh China. Semua tanggung jawab atas keadaan ini berada di pundak AS,”demikian disebutkan dalam statemen tersebut.

Jubir Kemenlu AS, Morgan Ortagus, pada hari Rabu (22/7) kemarin mengkonfirmasi instruksi penutupan Konsulat China di Negara Bagian Texas. Terkait alasan dari keputusan tersebut, Ortagus mengklaim,”Kami memerintahkan penutupan Konsulat China di Houston demi melindungi kepemilikan spiritual dan informasi pribadi warga AS.”

Statemen ini ditanggapi oleh Jubir Kemenlu China, Hua Chunying melalui akun Twitter-nya.

“AS menuntut agar Konsulat China di Houston ditutup dalam tempo 3 hari. Motifnya adalah ‘melindungi kepemilikan spiritual dan informasi pribadi warga AS.’ Ini sungguh sangat menggelikan,”cuit Chunying. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

AS Perintahkan China Tutup Konsulat di Houston

China Kecam Aneksasi Israel, Janji Dukung Palestina di DK PBB

DISKUSI: