China Kecam Aneksasi Israel, Janji Dukung Palestina di DK PBB

0
55

Warga Palestina berhadapan dengan tentara Israel melawan rencana aneksasi di kota Asira ash-Shamaliya pada 10 Juli 2020. (Photo by Reuters)

New York, LiputanIslam.com–China mengecam keras rencana aneksasi Israel di kawasan pendudukan Tepi Barat dan berjanji untuk selalu mendukung hak-hak Palestina di Dewan Keamanan PBB.

Dalam sebuah pertemuan di DK PBB yang membahas situasi di Timur Tengah, Dubes China untuk PBB, Zhang Jun, menyatakan bahwa negaranya “sangat khawatir” atas rencana aneksasi Israel.

“Rencana semacam itu, jika dilaksanakan, akan melanggar hukum internasional dan resolusi PBB yang relevan, dan mengganggu solusi dua negara. Kami mendesak pihak terkait untuk menahan diri dari tindalam sepihak itu dan mengambil langkah terbaik untuk mengurangi konflik dan ketegangan,” tutur Jun.

“Ini sama pentingnya untuk menghentikan aktivitas permukiman [Yahudi], pembongkaran bangunan-bangunan Palestina, dan kekerasan terhadap warga sipil,” tambahnya.

Ia pun menekankan bahwa Beijing mendukung “seruan [Presiden] Abbas untuk menggelar konferensi perdamaian internasional dan untuk memperluas mekanisme perdamaian multilateral.”

“China adalah sahabat tulus rakyat Palestina. Palestina dapat selalu mengandalkan dukungan China untuk mencapai tujuan mereka atas keadilan dan hak-hak nasional yang sah,” tegasnya. (ra/presstv)

DISKUSI: