Cari Selamat, Gedung Putih Enggan Dikaitkan dengan Ucapan Kontroversial Biden

0
197

Washington,LiputanIslam.com-Dalam jumpa pers Rabu malam 13 April, Jubir Gedung Putih Jen Psaki berkata, ”Gedung Putih meyakini bahwa pernyataan Biden tentang genosida di Ukraina hanyalah pandangan pribadinya.”

Pernyataan ini disampaikan Psaki menyusul tindakan Presiden AS Joe Biden, yang pada Selasa lalu menyebut operasi militer Rusia di Ukraina sebagai “genosida” hingga 2 kali.

Situs RIA Novosti melaporkan, Psaki menegaskan bahwa pernyataan seperti ini tidak bisa mencederai ufuk perundingan damai dan tidak memengaruhi sikap AS dalam mengatasi krisis.

”Mustahil Presiden Putin memutuskan tidak ikut dalam perundingan damai hanya karena mendengar statemen yang diucapkan oleh Presiden AS. Jika memang (perundingan) berguna baginya, ia akan memutuskan untuk berpartisipasi,”imbuh Psaki.

Menurut Psaki, mungkin butuh bertahun-tahun sebelum masyarakat dunia, dari sisi hukum, bisa menyebut apa yang terjadi di Ukraina saat ini sebagai “genosida”.

Sebelum ini, tudingan Biden soal genosida atas warga Ukraina ini telah direspons oleh Jubir Istana Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov. Dia menyatakan, Moskow menyatakan bahwa “upaya penyesatan fakta ini adalah hal yang tak bisa diterima”.

Kamis dini hari ini, kantor berita Interfax melaporkan, Kemenlu Rusia balas memberlakukan sanksi atas 398 legislator AS dan 87 senator Kanada serta sejumlah orang lainnya. (af/fars)

Baca Juga:

Demi Kambinghitamkan Rusia, Ukraina Siapkan Skenario Jahat di Luhansk

Tuntutan Ansharullah Belum Dipenuhi, Utusan PBB Bersikeras Kunjungi Sanaa

DISKUSI: