Bursa Saham Abu Dhabi Anjlok Gegara Serangan Balasan Yaman

0
602

AbuDhabi,LiputanIslam.com-Serangan balasan Tentara dan Komite Rakyat Yaman pada Senin dini hari kemarin ke Abu Dhabi dan Dubai telah berdampak negatif terhadap bursa saham keduanya.

Dinukil dari DFM, serangan ke Dubai dan Abu Dhabi dengan sejumlah drone telah membuat anjlok bursa saham Abu Dhabi hingga 2,2 persen dan Dubai 0,3 persen.

Dalam transaksi kemarin, indeks umum bursa saham Abu Dhabi merosot hingga 70 poin menjadi 3.140 poin. Indeks bursa saham Dubai pun menurun menjadi 8.675.

Transaksi hari kemarin mencatat bahwa kebanyakan perusahaan-perusahaan besar, termasuk Emaar, mengalami penurunan tajam nilai saham hingga 3 persen. Saham Emaar turun 3,5 persen, sementara perusahaan investor GFH anjlok hingga 3,1 persen.

Bursa saham Dubai sendiri tidak seburuk Abu Dhabi, karena penawaran saham perusahaan-perusahaan besar hanya turun relatif sedikit.

Sebelum ini, Dewan Tinggi Politik Yaman dalam statemennya menyatakan, Operasi Badai Yaman II di kedalaman wilayah Saudi dan UEA telah dilaksanakan sebagai bentuk pembalasan terhadap pembantaian massal yang dilakukan kedua negara itu di Yaman.

“Operasi ini sukses mewujudkan tujuan-tujuan kami di dua negara agresor ini,” tandas Dewan Tinggi Politik Yaman.

Dalam statemennya, Dewan Tinggi Politik Yaman meminta Tentara dan Komite Rakyat Yaman untuk “meningkatkan usaha dalam melancarkan operasi-operasi istimewa terhadap para agresor”.

“Pasukan Tentara dan Komite Rakyat bersikap teguh demi membebaskan semua kawasan yang diduduki (musuh),” demikian salah satu isi statemen tersebut.

“Negara-negara yang tidak mengetahui sejarah Yaman, hari ini mesti memperbarui kalkulasi mereka tentang negara ini,” tegas Dewan Tinggi Politik Yaman.

Ditujukan kepada Koalisi Agresor, Dewan Tinggi Politik Yaman di akhir statemennya menyatakan, ”Apa yang kalian lihat itu hanya baru secuil dari serangan-serangan balasan kami.” (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Yaman: Agresi Koalisi Saudi adalah Buah Normalisasi dengan Israel

Yaman Serang Pangkalan Udara di UEA, Tentara AS Bersembunyi di Bunker

DISKUSI: