Blinken Tertular Lemahnya Daya Pikir Biden?

0
446

Washington,LiputanIslam.com-Menlu AS Antony Blinken pun ikut-ikutan salah menyebut nama orang, seperti yang dilakukan atasannya, Presiden AS Joe Biden. Kesalahan ini membuat Blinken jadi bahan olok-olok di dunia maya. Banyak netizen bertanya,”Apakah lemahnya daya pikir Biden menular?”

Dalam wawancara dengan stasiun televisi CBS, Blinken berbicara tentang minggatnya Presiden Afghanistan Ashraf Ghani ke UEA. Ia lalu menyebut tentang kontak telepon dengan Ghani tepat sehari sebelum Taliban menduduki Kabul.

Namun, alih-alih berkata ia berbicara dengan Ghani, Blinken malah menyebut nama Hamid Karzai, Presiden Afghanistan sebelum Ghani yang menjabat sejak tahun 2001 hingga 2014.

“Kembalilah ke satu pekan lalu. Pemerintah (Afghanistan) sudah jatuh. Alhasil, sehari sebelum itu saya berbincang melalui telepon dengan Presiden Karzai. Dia berkata akan berjuang sampai mati. Namun sehari setelahnya, ia minggat,”kata Blinken dalam wawancara tersebut.

Biden dalam jumpa pers pertamanya sebagai Presiden AS juga keliru menyebut nama Presiden Afghanistan. Dalam jumpa pers bersama Presiden Ashraf Ghani, ia salah menyebut koleganya dengan nama “Kayani”.

“Jenderal Austin (Menhan AS) baru saja bertemu Kayani. Dia Presiden Afghanistan di Kabul… Saya menantikan informasi tentang (pertemuan) itu,” ucap Biden saat itu.

Banyaknya kesalahan dan lemahnya daya ingat Biden membuatnya jadi perhatian media. Para pengkritiknya pun meragukan kesehatan mental dan kelayakannya untuk memimpin AS. (af/alalam)

 

Baca Juga:

“Mesin Kesalahan”, Julukan Baru untuk Biden

Kelompok Bersenjata Afiliasi Al-Qaeda Mulai Bergerak di Daraa, Suriah

 

DISKUSI: