Bin Salman Klaim Tak Lakukan ‘Penyogokan’ untuk Membeli F-35

0
67

Riyadh,LiputanIslam.com-Putra Mahkota Saudi membantah melakukan ‘penyogokan politis’, termasuk normalisasi dengan Israel, demi bisa membeli jet tempur F-35 dari AS.

Menurut sejumlah sumber, Muhammad bin Salman menegaskan bahwa jika Saudi ingin mengajukan permintaan resmi untuk membeli F-35, Riyadh akan melakukannya “secara transparan dan tanpa adanya transaksi di balik layar.”

Ia menambahkan, Saudi siap membeli jet-jet buatan AS dengan cara yang sama saat Riyadh membeli sistem AWACS (Airbone Warning and Control System) dan pesawat multifungsi Boeing F-15S pada dekade 80-an lalu.

Di masa itu, penjualan pesawat-pesawat AWACS ke Saudi memicu kontroversi, sampai-sampai sejumlah anggota Senat AS dan lobi Zionis menentang keras penjualan tersebut. Rezim Zionis juga menyatakan protes keras atas hal tersebut.

Baru-baru ini, Bin Salman mengumumkan bahwa Saudi akan mengkaji pembelian sejumlah jet tempur ultramodern “dengan sangat cermat.” Ia mengaku tidak menentang pembelian F-35.

Putra Mahkota Saudi menyatakan, ia telah memberitahukan niat itu kepada Presiden Donald Trump, yang disambut dengan baik oleh Trump.

Penjualan F-35 adalah bagian dari kesepakatan normalisasi Israel dengan UEA. Sejauh ini, hanya Israel yang memiliki jet tipe itu di Timteng.

Pasca kesepakatan damai Kairo dengan Tel Aviv pada 1979, Mesir mendapatkan bantuan militer besar dari AS. Yordania juga memperoleh jet F-16 usai berdamai dengan Israel pada 1994. (af/alalam)

Baca Juga:

Jenderal Israel: Bahaya Terbesar di Golan adalah Iran dan Hizbullah, Bukan Suriah Sendiri

Dubes AS: Penyerahan F-35 Pertama ke UEA Butuh Waktu 7 Tahun

DISKUSI: