Bill Gates Foundation Serukan Vaksinasi 7 Miliar Orang di Bumi

0
1639

Washington, LiputanIslam.com–Bill & Melinda Gates Foundation menyerukan kerjasama global dalam mengelola vaksinasi COVID-19 untuk 7 miliar orang di seluruh dunia. Yayasan ini pun menawarkan dana bantuan $150 juta untuk produksi vaksin dan perawatan.

Pembuatan vaksin virus corona dapat memakan waktu hingga 18 bulan hingga sepenuhnya siap dan aman diberikan kepada manusia. Namun, menurut kepala eksekutif yayasan tersebut, Mark Suzman, pemerintah dan perusahaan global harus mulai memikirkan proses distribusi dari sekarang.

“Normal saja kita memproduksi, maksimum, ratusan juta dosis [vaksin],” kata Suzman. “Ketika kita berurusan dengan patogen baru seperti COVID-19,dan kita berhasil menemukan vaksin yang bekerja, kita akan membutuhkan miliaran dosis.”

Menurutnya, situasi yang kita hadapi sekarang akan membutuhkan vaksinasi 7 miliar orang di planet. “Kita akan perlu memvaksinasi hampir setiap orang. Tidak ada kapasitas produksi untuk melakukan itu [untuk saat ini],” jelasnya.

Bantuan dana dari Bill & Melinda Gates Foundation ini sebagian besar akan digunakan untuk membantu pengembangan tes diagnostik COVID-19, perawatan terapi dan vaksin, dan untuk distribusi secara global. Vaksin tersebut juga akan diberikan kepada negara-negara berkembang di Asia Selatan dan Afrika Sub-Sahara.

Menurut Suzman, sebanyak 100 vaksin potensial sedang dikembangkan dan diuji oleh para ilmuwan di seluruh dunia, tetapi sebagian besar kemungkinan akan gagal ketika diuji.

“Vaksin yang berhasil harus tersedia untuk 7 miliar orang. Anda perlu menguji apakah ada efek samping yang tidak diharapkan, atau efek samping dalam kelompok, apakah itu wanita hamil atau orang tua atau anak muda,” tuturnya.

Suzman pun memuji kinerja Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang juga didanai oleh Gates Foundation. Menurutnya, organisasi itu adalah “mitra yang kuat dan dapat diandalkan”. (ra/sputnik)

Baca: Siapa yang Akan Mendapat Keuntungan Besar dari Covid-19?

DISKUSI: