Berkoordinasi dengan AS, SDF Bebaskan Tahanan ISIS dari Penjara al-Hasakah

0
89

Damaskus,LiputanIslam.com-Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pada hari Selasa kemarin (25/8) membebaskan sejumlah elemen ISIS dari penjara al-Hasakah. Pembebasan ini dilakukan SDF atas koordinasi dengan Koalisi AS.

Sebuah stasiun televisi milik Oposisi Suriah mengumumkan, SDF  membebaskan 8 anggota ISIS dari penjara Ghuwairan di kota al-Hasakah. Tiga dari mereka adalah anggota perangkat keamanan kelompok teroris tersebut.

Sumber tersebut menyatakan, elemen-elemen ISIS ini ditangkap pada bulan April dan Mei 2019 di kawasan Garanich dan Dzaiban di timur Deir Ezzor.

“Pembebasan ini tidak disambut dengan baik, karena bisa memicu sejumlah insiden baru di kawasan ini, mulai dari teror hingga ledakan-ledakan yang bisa terjadi tiap hari,”kata Esmat Abdurrazaq, seorang ahli hukum di kota al-Shahil, dekat Deir Ezzor.

“SDF ingin agar kawasan ini memanas akibat aksi-aksi ISIS. Dengan demikian, milisi ini mendapat peluang lebih banyak untuk memperoleh pengaruh, juga dukungan dari Koalisi Internasional,”imbuh Abdurrazaq.

Ini bukan kali pertama SDF membebaskan para tahanan ISIS. Pada bulan Juni lalu, mereka juga membebaskan beberapa teroris ISIS dari penjara-penjara di timur Deir Ezzor. (af/alalam)

Baca Juga:

Indonesia Selaku Ketua DK PBB Tolak Permintaan AS Jatuhkan Kembali Sanksi terhadap Iran

AS: Irak Janji Lindungi Pasukan Barat dari Serangan Milisi Pro-Iran

DISKUSI: