Bela CIA, Pompeo: Hanya Teroris yang Disiksa

0
116

Washington,LiputanIslam.com-Menlu AS menanggapi perilisan sebuah film tentang metode penyiksaan yang dilakukan investigator CIA.

Baru-baru ini, film yang disutradai Scott Z. Burns berjudul “The Report” diputar di bioskop-bioskop. Film ini menceritakan upaya komite intelijen Senat AS untuk menyelidiki investigator CIA yang menyiksa para tahanan usai peristiwa 11 September.

Mike Pompeo berusaha menjustifikasi metode penyiksaan yang digunakan badan intelijen AS tersebut. Mantan direktur CIA ini membedakan antara “orang baik” dan “orang jahat”, dan berargumen bahwa CIA hanya menyiksa “para teroris” saja.

“Saya telah menonton film The Report. Terus terang saja, ‘orang-orang jahat’ bukanlah para agen intelijen kita. ‘Orang-orang jahat’ adalah para teroris. Saya katakan kepada para mantan partner saya dan para patrotis di CIA, yang telah menjaga kita sejak 11 September: AS mendukung dan membela kalian. Begitu pula saya,”cuit Pompeo dalam akun Twitter-nya.

Sejak Donald Trump menjadi presiden AS, Pompeo diangkat sebagai direktur CIA hingga awal 2018. Setelah itu, dia digantikan oleh Gina Haspel. Haspel adalah tersangka utama penyiksaan di CIA dan penghancuran dokumen-dokumen terkait hal ini.

Pasca kejadian 11 September 2001, badan-badan intelijen AS menggunakan metode-metode penyiksaan atas nama “metode investigasi modern.” Belakangan, cara ini menjadi sasaran kritik tajam dan akhirnya Kongres AS pun turun tangan untuk menyelidikinya.

Pada tahun 2007, tersiar kabar bahwa penyiksaan atas dua anggota al-Qaeda di penjara rahasia di Thailand sempat didokumentasikan. Namun para petinggi CIA melenyapkan video itu pada tahun 2005. (af/alalam/irna)

Baca Juga:

AL Iran Sebut AS Antagonis Tapi Tak Berani Serang Iran

Markas Militer di Irak Diserang Roket, Satu Orang AS Tewas

DISKUSI: