AS Siap Bantu Turki di Idlib, Asal Ankara Mau Lakukan Ini

0
808

Washington,LiputanIslam.com-Ada kemungkinan AS akan memberi bantuan kepada Turki di Idlib, Suriah. Namun syaratnya adalah Ankara harus menghentikan program penempatan sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia.

Dilansir oleh kantor berita Sputnik, tawaran ini dikemukakan Kay Bailey Hutchison (wakil AS di NATO) dalam sebuah konferensi pers.

Tanpa menyebutkan detail tawaran Washington, Hutchison mengatakan,”Kami berharap Turki tidak memasang dan mengaktifkan sistem pertahanan udara Rusia di negaranya. Sebab, hal ini akan menjadi penghalang diberikannya sejumlah tawaran dari AS kepada Turki untuk menghadapi Suriah.”

Hutchison mengklaim, AS berniat melindungi tempat-tempat di Idlib, yang warga sipil terjebak di sana. Dia menyebut bahwa tentara Turki sepakat dengan hal ini dan berusaha melakukannya.

“Sebab itu, kami berharap para petinggi Turki mengeluarkan sistem pertahanan udara Rusia dari Ankara, kemudian mengizinkan kami lebih leluasa membantu mereka melindungi warga sipil di Suriah,”ujar Hutchison.

Baik AS maupun NATO sangat menentang keras pembelian dan penempatan sistem pertahanan Rusia Turki. Mereka mengklaim, S-400 tidak sejalan dengan sistem pertahanan NATO. (af/alalam/isna)

Baca Juga:

Twitter Blokir Akun Pemimpin Tertinggi Iran

Video: Tegang, Tentara Iran Nyaris Tembak Jatuh Jet Tempur F-18

DISKUSI: