AS Pasok Senjata-senjata Modern untuk ISIS di Irak

0
256

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang anggota Aliansi al-Fath, Uday al-Khadran juga mengungkapkan, dalam beberapa bulan terakhir sokongan dana untuk ISIS di berbagai kawasan Irak telah meningkat. Hal ini bisa dilihat di tempat-tempat persembunyian ISIS di kawasan Hamrain dan al-Hawi.

“Yang berbahaya adalah aliran senjata-senjata modern AS ke tangan teroris ISIS di Diyala, terutama senapan modern snipper,” kata al-Khadran.

Ia mengatakan, senjata-senjata ini digunakan dalam 90 persen serangan ISIS. Sebab itu, harus ada penyelidikan segera untuk mengetahui jalur distribusi senjata-senjata itu dan siapa saja yang memasoknya.

Di lain pihak, anggota Aliansi Daulah al-Qanun pimpinan Nouri al-Maliki, Arif al-Hamami, baru-baru ini mengabarkan adanya konspirasi baru Tentara AS di Irak.

Menurut al-Hamami, ada proyek internasional yang dipimpin AS untuk menyerbu penjara-penjara di Irak, terutama yang terletak di Provinsi al-Anbar. Ia mengatakan, tujuan dari serbuan ke penjara-penjara ini adalah melarikan para pimpinan ISIS dari tahanan mereka.

“Al-Hashd al-Shaabi dan perangkat-perangkat keamanan akan menghadapi proyek jahat ini. Demi mewujudkan keamanan di dalam dan perbatasan Irak, mereka akan berusaha mencegah penyusupan anasir teroris atau penyelamatan anasir ISIS dari penjara-penjara Irak, terutama di kawasan al-Ramadi,” tandasnya. (af/fars)

Baca Juga:

Irak: Hubungan Kami dengan AS Bukan untuk Melawan Iran

[Video:] Sangar, Detik-Detik Jet Tempur Irak Membom Petinggi ISIS

DISKUSI: