AS Nyatakan Dukungan untuk Turki Terkait Pertempuran Idlib

0
116

Washington,LiputanIslam.com-Kemenlu AS menanggapi serangan tentara Suriah terhadap kelompok teroris di provinsi Idlib.

Dilansir oleh Reuters, AS menyebut serangan tentara pemerintah Suriah itu “biadab” dan “tidak bisa dijustikasi.”

“Washington akan mengerahkan segala upaya untuk mencegah kembalinya pemerintah Suriah ke komunitas internasional,”tandas kemenlu AS.

Kemenlu AS mengklaim, Washington akan terus berada di sisi Ankara, sekutunya di NATO. Serangan Suriah ke pos-pos pengawasan Turki di Idlib disebut AS sebagai “ancaman membahayakan.”

Dalam statemen kemenlu AS disebutkan, “serangan biadab” di Idlib harus dihentikan dan bantuan-bantuan kemanusiaan harus diizinkan memasuki Suriah.

Hampir sebulan terakhir, tentara Suriah melancarkan operasi militer di Idlib, menyusul tiadanya komitmen kelompok teroris dan Turki terhadap gencatan senjata di kawasan tersebut. Tentara Suriah sukses membebaskan kota terbesar kedua di provinsi itu, yaitu Maarrat al-Nu’man dan kawasan Khan Tuman beserta 20 kota dan desa lain di barat provinsi Aleppo.

Di lain pihak, Sergei Lavrov (menlu Rusia) mengkritik Turki lantaran tidak berkomitmen terhadap perjanjian Sochi dan Astana. Lavrov meminta Ankara serius dalam menjalankan perjanjian Sochi terkait Idlib, yaitu memisahkan teroris dari oposisi moderat di provinsi tersebut. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Tanggapi Klaim Ankara, Damaskus Tuding Pasukan Turki Duduki Wilayah Suriah

Saudi Berminat Membeli Rudal Spike Buatan Israel

DISKUSI: