AS Klaim Siap Berunding Tanpa Prasyarat, Ini Tanggapan Iran

0
111

Teheran,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri AS dalam statemen terbarunya menyatakan, Washington siap berunding dengan Teheran tanpa prasyarat. Pernyataan ini pun ditanggapi Iran melalui kemenlunya.

“Bagi Republik Islam Iran, permainan kata dan pernyatan tujuan tersembunyi dalam bingkai kalimat-kalimat baru bukan merupakan tolok ukur. Yang menjadi barometer adalah perubahan sikap secara praktis dan komprehensif AS terhadap rakyat Iran,”kata Sayed Abbas Mousavi, jubir kemenlu Iran.

“Penekanan Mr. Pompeo atas berlanjutnya tekanan maksimal kepada Iran menunjukkan perilaku keliru yang perlu diperbaiki,”lanjutnya.

Kesiapan AS untuk berunding tanpa prasyarat disampaikan Pompeo dalam jumpa pers gabungan bersama menlu Swiss, Ignazio Cassis, Minggu (2/6).

Dalam jumpa pers itu, Pompeo mengklaim krisis ekonomi Iran tidak disebabkan sanksi-sanksi Washington, tapi lantaran “rezim Republik Islam selama 4 dekade.”

Kendati mengaku siap berunding, Pompeo tetap menekankan kelanjutan upaya AS untuk apa yang disebutnya sebagai “mengubah perilaku Iran.”

Sebelum ini, pemimpin tertinggi Republik Islam Iran menegaskan, negaranya tak akan pernah berunding dengan AS.

“Seperti yang sudah disampaikan sebelum ini, tiadanya perundingan dengan AS disebabkan dua faktor: pertama, tak ada manfaatnya; kedua, hanya mendatangkan kerugian,”tegas Ayatullah Ali Khamenei. (af/alalam)

Baca:

Presiden Iran: Sekarang Situasi Resistansi, Bukan Negosiasi dengan AS

DISKUSI: