AS Jual Delapan Pesawat Pegasus KC-46A ke Israel, Bantu Jet Tempur Israel Jangkau Iran

0
393

Sumber: Airspace review

Washington,LiputanIslam.com—Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah meloloskan izin penjualan delapan pesawat tanker Pegasus KC-46A untuk Israel, lengkap dengan suku cadang dan peralatan pendukung sebesar $ 2,4 milyar. Jika transaksi ini mendapat dukungan dari kongres AS, maka pada 2023 mendatang, Israel akan mulai menerima kehadiran jet itu di negara mereka.

Departemen AS mengklaim, penjualan ini juga dilakukan untuk mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional AS.

“[Penjualan ini] mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat. Cara ini memungkinkan Israel untuk menyediakan kemampuan lebih untuk aset AS di wilayah tersebut, yang bisa digunakan di tempat lain selama masa perang”, Departemen Luar Negeri mengumumkan, seperti dikutip Sputnik pada Kamis (5/3).

Meskipun para pejabat AS menilai bahwa akuisisi kapal tanker Pegasus KC-46A oleh Israel tidak akan mengubah dasar keseimbangan militer di wilayah itu, transaksi ini akan secara drastis meningkatkan kemampuan Tel Aviv untuk menghadapi Iran di wilayahnya.

BacaPompeo dan Kushner Disebut Berperan dalam Penangkapan Para Pangeran Saudi

Saat ini, jet tempur tercanggih Israel adalah F-35 yang mampu menempuh jarak 2.500 km. Dengan jarak ini, Israel hanya mampu bergerak satu arah ke Iran yang berjarak 1.800 km. Akibatnya, kemampuan Israel untuk menargetkan berbagai situs di Iran menjadi terbatas, kecuali jika menggunakan rudal jarak jauh.

Namun, dengan bantuan jet tanker Pegasus KC-46A, jet tempur Israel bisa melakukan pengisian bahan bakar di udara dan memungkinkan jet-jet tersebut mendapat jangkauan yang lebih luas.

Jet tempur Pegasus KC-46A adalah pesawat militer buatan AS yang berfungsi untuk mengisi bahan bakar lewat udara. Pesawat ini akan memungkinkan pesawat lain untuk menempuh perjalanan lebih jauh tanpa khawatir kehabisan bahan bakar. (Fd/Sputnik)

DISKUSI: