AS Jatuhkan Sanksi Terbaru atas Iran Di Tengah Meluasnya Wabah Corona

0
197

Menlu AS, Mike Pompeo. Sumber foto: Presstv

Washington,LiputanIslam.com—Di saat Iran sedang berjuang menghadapi virus Covid-19 yang tengah menggerogoti negara itu, Amerika Serikat (AS) justru mengumumkan babak baru sanksi terhadap Iran.

Sanksi ini diumumkan oleh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, pada Selasa (17/3) kemarin. Ia menyebut, saat ini AS telah memasukan tiga entitas baru di Iran ke dalam daftar hitam.

Tanpa  menyebutkan nama perusahaan atau individu yang dimaksud, Pompeo menambahkan bahwa daftar hitam itu meliputi perusahaan investasi keamanan pasukan bersenjata Iran dan direkturnya karena dianggap telah berinvestasi untuk entitas yang terkena sanksi.

Secara terpisah, Departemen Perdagangan AS juga menyebut akan memboikot sejumlah orang Iran, termasuk lima ilmuwan nuklir yang telah membantu pengembangan program nuklir Iran.

Langkah AS ini dianggap tidak manusiawi, karena menjatuhkan sanksi terhadap sebuah negara yang sedang berjuang melawan virus Covid-19.

Kemenlu Rusia bahkan telah mengeluarkan kecaman keras dan meminta agar AS segera mencabut sanksinya atas Iran.

BacaIran Berhasil Kombinasikan Obat untuk Kerusakan Paru Dampak Virus Corona

Jumlah korban infeksi Covid-19 di Iran telah mencapai 16,169 orang dan 135 orang dinyatakan meninggal, berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan Iran.

Iran kesulitan menangani pasien Covid-19 akibat minimnya alat-alat medis yang terjadi akibat sanksi AS. (fd/Presstv)

DISKUSI: