AS Gagal Bujuk Suku-suku Suriah untuk Bergabung

0
370

Damaskus,LiputanIslam.com-AS hingga kini menduduki sejumlah kawasan di timur dan utara Suriah. Ada banyak ladang-ladang minyak dan gas di daerah-daerah tersebut. Demi merampok sumber alam Suriah itu, Washington bekerja sama dengan milisi Kurdi pro-AS.

Meski begitu, AS menyimpulkan bahwa pihaknya pasti akan gagal jika hanya mengandalkan milisi Kurdi ini. Sebab itu, AS mengirim beberapa utusan untuk menemui suku-suku Suriah.

Menurut Rai al-Youm, dengan mengirim para utusan ini, AS ingin merekrut para kepala dan tokoh suku-suku Suriah. Tujuannya adalah agar Washington bisa memanfaatkan mereka untuk meraih tujuan-tujuannya.

Laporan ini menyebutkan, baru-baru ini para utusan militer AS bersama sejumlah pakar dari CIA dan penerjemah Arab telah mengunjungi beberapa desa dan distrik di Provinsi al-Hasakah di utara Suriah.

dalam kunjungan tersebut para utusan AS menemui sejumlah tetua suku Bani Sab’ah, yang merupakan salah satu suku terpenting kabilah Thay. Utusan AS telah memberikan tawaran-tawaran menggiurkan kepada suku tersebut.

Jika suku-suku Suriah menerima proyek Washjington (untuk memecah belah Suriah), mereka dijanjikan akan memperoleh bayaran bulanan dalam jumlah besar.

Meski begitu, proposal AS ini ditolak mentah-mentah oleh para tetua suku. Mereka mengusir utusan AS dan menegaskan keterikatan mereka dengan Suriah.

Suku-suku Suriah menegaskan, mereka akan berpihak kepada Pemerintah Damaskus dalam memerangi Penjajah AS dan para anteknya. (af/fars)

Baca Juga:

Kelompok Pejuang Irak Lancarkan Serangan Drone ke Pangkalan Militer AS

Israel Sebut Rusia Ada di Balik Kegagalan Serangan Israel ke Suriah

DISKUSI: