Arab Saudi Resmikan Liga Sepakbola Perempuan

0
71

Sumber foto: memo

Riyadh,LiputanIslam.com—Kerajaan Arab Saudi telah meresmikan Liga Sepakbola Perempuan (WFL) pada Senin (25/2), menyusul masifnya pembebasan hak-hak kaum perempuan oleh kerajaan.

Presiden Olahraga Arab Saudi (SFA), Pangeran Khaled bin Waleed bin Talal mengatakan kepada Arab News bahwa,” Peresmian WFL terjadi karena kami memahami komunitas sepakbola bagi perempuan saat ini dibutuhkan.”

Ia menilai, liga tersebut nantinya akan menjadi peluang bagi perempuan untuk menyalurkan minat olahraga.

WFL didanai secara penuh oleh SFA dan menjadi ajang olahraga bagi para pemain perempuan yang berusia di atas 17 tahun.

Kabarnya, seperti dilansir Middle East Monitor, musim pertama liga perempuan ini akan berlangsung di Riyadh, Jeddah, dan Dammam untuk menentukan juara di Kawasan. Total hadiah yang disediakan mencapai 500.000 riyal atau setara dengan Rp. 1.750.000.000 dengan hitungan Rp.3.500/1 real Arab Saudi.

BacaMabuk Saat Mengemudi, Dua Diplomat Saudi Diusir dari Inggris

Liga sepakbola perempuan adalah bagian dari program yang dijalankan atas visi Arab Saudi tahun 2030, yaitu menjalankan modernisasi besar-besaran dan memperkaya sumber pendapatan negara dari sektor-sektor lain selain minyak.

Peluncuran itu terjadi hanya beberapa minggu setelah pemerintah Saudi mengumumkan unit militer wanita pertamanya , yang memungkinkan wanita untuk aktif dalam angkatan bersenjata. Reformasi sosial lainnya termasuk mencabut larangan mengemudi perempuan, pemisahan gender dan mengadakan konser musik di Riyadh.

Meskipun begitu, kerajaan Saudi tetap dikritik karena menggunakan aspek sosial dari perubahan untuk menutupi kurangnya reformasi politik dan pemerintah(fd/Memo)

DISKUSI: