Apresiasi Teheran, Doha Ajak Negara-negara Arab Hidup Harmonis dengan Iran

0
66

Doha,LiputanIslam.com-Menlu Qatar Muhammad bin Abdurrahman Al Thani mengapresiasi tindakan Iran saat Doha diblokade sejumlah negara Arab.

Dilansir al-Jazeera, Al Thani mengatakan,”Semua klaim yang ditujukan kepada Qatar dan memicu blokade atasnta, tidak benar dan palsu.”

“Sejak awal, kami telah membuka lebar-lebar pintu untuk dialog yang dibangun atas prinsip saling menghormati dan menghargai kedaulatan negara-negara. Tidak ada pemenang dalam krisis Teluk (Persia). Krisis ini hanya memunculkan lebih banyak kekacauan,”imbuh Al Thani.

Ia menegaskan, negaranya tidak pernah mengambil tindakan agresif terhadap negara-negara yang memblokade Doha.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Iran yang tetap membuka zona udaranya bagi kami saat Qatar diblokade. Kami menghendaki dialog efektif demi mengatasi perselisihan regional,”tandasnya.

“Iran adalah bagian dari Kawasan. Harus ada keharmonisan dan kedamaian antara negara ini dan negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC),”lanjut Al Thani.

“Mungkin saja Qatar memainkan peran dalam bingkai diplomatik. Kami ingin mencegah munculnya segala bentuk ketegangan di Kawasan.”

Menlu Qatar mengaku, negaranya dan AS menjalin kerjasama untuk menemukan solusi bagi krisis di Afghanistan. (af/alalam)

Baca Juga:

Pasukan Elit Iran Tegaskan lagi Kepastian Pembalasan Darah Jenderal Soleimani

Ditemui Menhan Irak, Petinggi Dewan Keamanan Iran Nyatakan Siap Hadapi Pengacau

DISKUSI: