Anggota Kongres AS Minta Rezim Israel Berhenti Hancurkan Rumah-rumah Palestina

0
112

Sumber foto: Middle East Monitor

Washington,LiputanIslam.com—Sebuah surat yang ditandatangani oleh 64 anggota kongres Amerika Serikat (AS) untuk Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, meminta pemerintah AS menentang penghancuran rumah-rumah Palestina oleh otoritas Israel.

Dalam surat yang tertanggal 16 Maret itu, tertulis kekhawatiran anggota kongres terhadap aksi ilegal pembongkaran rumah-rumah Palestina di wilayah kependudukan Yerussalem dan Tepi Barat oleh rezim Israel.

“Kami menulis karena prihatin atas pembongkaran rumah dan pemindahan warga sipil Palestina secara paksa, termasuk pembongkaran yang baru-baru ini terjadi di Wadi al-Hummus dan beberapa tempat lain di Yerussalem Timur,” tulis anggota kongres dalam surat itu.

“Kami mendesak Anda untuk memberikan tekanan pada pemerintah Israel agar berhenti memindahkan keluarga Palestina secara paksa dan berhenti menghancurkan rumah-rumah mereka,” tambahnya.

BacaIsrael Mata-Matai Warga Sendiri untuk Deteksi Corona

Di dalam surat itu juga tertulis keterangan bahwa pemerintah Israel akhir-akhir ini memang mempercepat laju pembongkaran rumah di Tepi Barat. Kantor PBB untuk urusan kemanusiaan (UNOCHA) mencatat tingkat pembongkaran rumah mencapai angka 45% pada 2019 jika dibandingkan dengan 2018 lalu.

Para anggota kongres itu menegaskan bahwa AS harus bekerja keras untuk mencegah pembongkaran rumah yang melangar hukum.
Mereka meminta Pompeo untuk menanggapi surat ini selambat-lambatnya pada 30 April mendatang.

Menurut keterangan kantor berita Palestina, WAFA, surat itu telah telah disahkan oleh Street, Amnesi Internasional AS (AIUSA)Churches for Middle East Peace (CMEP),Friends  Committee on National Legislation (FCNL), dan Win Without War. (fd/Memo)

DISKUSI: