Rusia Ungkap Dokumen Keterlibatan Pantagon dalam Pendanaan Proyek Biologi Militer di Ukraina

0
231

Moskow, LiputanIslam.com –  Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan adanya sebuah dokumen bertanggal 6 Maret 2015 yang menunjukkan keterlibatan Pentagon dalam pendanaan proyek-proyek biologi di Ukraina.

“Total dana AS untuk pekerjaan biologis militer yang dilakukan di laboratorium Kementerian Pertahanan Ukraina berjumlah 32 juta dolar,” kata komandan Pasukan Perlindungan Radiasi, Kimia dan Biologi Rusia, Letjen Igor Kirillov, Kamis (17/3).

“Sesuai praktik-praktik yang ditindak lanjuti, proyek-proyek Amerika di bidang sanitasi dan kesejahteraan epidemiologis, termasuk di Afrika dan Asia, didanai melalui otoritas kesehatan nasional,” tambah Kirillov.

Dia menyebutkan adanya “fakta bahwa kesepakatan tentang kegiatan biologis bersama telah dibuat antara pepartemen militer AS dan Kementerian Kesehatan Ukraina. Namun, penerima sebenarnya dari dana tersebut adalah laboratorium Kementerian Pertahanan Ukraina yang berlokasi di Kyiv, Odessa, Lvov dan Kharkov, dan total dana berjumlah $32 juta.”

Kirillov mengatakan, “Para ahli Ukraina yang bekerja di laboratorium biologi Amerika yang berlokasi di negara ini mungkin tidak menyadari tujuan sebenarnya dari penelitian yang dilakukan di sana. Analisis informasi yang diterima menunjukkan bahwa para ahli Ukraina tidak menyadari potensi risiko pengangkutan biomaterial, yang digunakan terutama dalam keluarga, dan mereka tidak memiliki gagasan nyata ihwal tujuan sebenarnya dari penelitian yang berlangsung.”

Juru Bicara Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mebfkonfimasi bahwa sebuah proyek rahasia berada di bawah pengawasan AS di Kharkov, Ukraina, untuk mempelajari cara-cara penularan penyakit ke manusia melalui kelelawar.

“Kementerian Pertahanan Rusia terus mempelajari dokumen yang diterima dari personel laboratorium Ukraina mengenai penerapan program militer biologis oleh AS dan sekutu NATO-nya di wilayah Ukraina,” ungkap Konashenkov.

Dia melanjutkan, “Saya ingin menekankan bahwa, menurut dokumen tersebut, studi ini dilakukan di Kharkov secara sistematis dan di bawah pengawasan langsung spesialis dari AS selama bertahun-tahun.”

Dia juga mengatakan, “Dokumen baru akan diserahkan pada ekspor sejumlah besar biomaterial manusia dari wilayah Ukraina ke Inggris dan negara-negara Eropa lainnya.” (mm/alalam)

Baca juga:

AS Dikabarkan Mempertimbangkan Penghapusan IRGC dari Daftar Hitam

Rusia Cantumkan Presiden dan Menlu AS di Daftar Sanksi

DISKUSI: