Rusia Bersiap Memiliki Rudal Terhebat di Dunia

0
216

Moskow, LiputanIslam.com –  Rusia sedang bersiap memiliki sistem persenjataan yang belum ada bandingannya di dunia setelah memperoleh sistem pertahanan udara S-500.

Angkatan Bersenjata Rusia tahun depan dilaporkan akan mendapatkan sistem pertahanan udara S-500 terbaru, yang mengalami peningkatan signifikan dibanding generasi sebelumnya. Saat ini, pengembang sedang menguji komponen dan menambahkan peralatan.

Surat kabar Vietnam Soha mengutip laporan kantor berita Sputnik milik Rusia bahwa para analis asing percaya Rusia akan segera mendapatkan rudal terkuat di dunia.

“Tentara Rusia akan memperoleh rudal paling kuat di dunia pada tahun 2021, dan tidak ada negara lain yang demikian,” tulis Soha.

Karakteristik taktis resmi S-500 dijaga kerahasiaannya, namun, berdasarkan spesifikasi diyakini, kemampuan senjata Rusia yang baru itu akan jauh melebihi semua sistem pertahanan rudal yang ada.

Baca: AS Tuding Rusia dan Suriah Kirim Pasukan dan Peralatan Militer ke Libya

Sejumlah media mengkonfirmasi bahwa sistem pertahanan udara itu akan dapat mencegat target pada jarak maksimal 600 km. Pada saat yang sama, juga berkemampuan melacak dan menyerang 10 target balistik yang melesat 20 kali lebih cepat dari kecepatan suara.

Fitur unik dari S-500 adalah kemampuannya yang luar biasa untuk meladeni sebanyak mungkin jenis target berupa pesawat, helikopter, rudal balistik, dan bahkan satelit berorbit rendah.

Dapat diasumsikan bahwa Rusia bermaksud mempertahankan teknologi ini untuk dirinya sendiri sehingga tidak akan diekspor dalam beberapa dekade mendatang.(mm/raialyoum)

DISKUSI: