Presiden Venezuela  Sebut Beli Rudal Iran “Ide  Baik”

0
143

Caracas, LiputanIslam.com Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, menyebut pembelian rudal dari Iran sebagai “ide baik”.

“Itu tidak terpikir oleh saya, itu tidak terpikir oleh kami,” kata Maduro dalam siaran televisi dengan anggota kabinet, Sabtu (22/8/2020).

Pernyataan ini merupakan tanggapan atas sindiran Presiden Kolombia, Ivan Duque, yang mengatakan bahwa Venezuela sedang mempertimbangkan rencana pembelian rudal Iran di tengah perkembangan hubungan antara Caracas dan Teheran.

Maduro lantas bercanda dengan menginstruksikan Menteri Pertahanan Vladimir Padrino untuk menindaklanjuti ide itu dan memberi tahu kabinetnya agar merahasiakan rencana demikian.

“Padrino, betapa ide yang bagus, berbicara dengan Iran untuk melihat rudal jarak pendek, menengah dan jauh yang mereka miliki, jika memungkinkan, mengingat hubungan baik yang kami miliki dengan Iran,” kata Maduro.

Ivan Duque Kamis lalu mengutip laporan intelijen bahwa Maduro ingin membeli rudal Iran serta menyerahkan senjata buatan Rusia dan Belarusia kepada kelompok bersenjata Kolombia.

Mei lalu Iran memasok bensin ke Venezuela untuk membantu meringankan krisis bahan bakar. Tindakan Teheran  ini  tercatat sebagai aksi nekat Iran menerjang embargo sepihak Amerika Serikat terhadap Iran dan Venezuela. (mm/reuters)

Baca juga:

Iran Pamerkan Rudal Balistik Baru Bernama “Qassem Soleimani”

Menlu Iran Bantah Kabar AS Cegat Kapal Iran.

DISKUSI: