Iran Pamerkan Rudal Balistik Baru Bernama “Qassem Soleimani”

0
374

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran memamekan dua rudal, masing-masing balistik dan jelajah baru buatannya,

Para pejabat Iran menyatakan bahwa dua rudal baru dipamerkan pada peringatan – Hari Industri Pertahanan Nasional Iran, Kamis (20/8/2020).

Rudal balistik baru itu diberi nama “Qassem Soleimani”, nama jenderal legendaris Iran yang terbunuh oleh serangan udara AS di Baghdad, Irak, pada awal Januari lalu.

Sedangkan rudal jelajahnya diberi nama “Abu Mahdi al-Muhandis”, nama mantan wakil ketua kelompok relawan Irak Al-Hashd al-Shaabi yang juga terbunuh dalam serangan terhadap jenderal Iran mantan komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) tersebut.

Dalam pidato yang disiarkan televisi Iran, Menteri Pertahanan Amir Hatami mengatakan,“Rudal darat ke darat ini bernama Syahid Qassem Soleimani, berjarak tempuh 1,400 kilometer, dan rudal jelajah Syahid Abu Mahdi, yang berjarak tempuh 1000 kilometer.”

Peluncuran dua rudal baru Iran ini tak pelak merupakan pengabaian secara telak terhadap desakan AS yang belakangan ini kian intensif untuk menghentikan proyek rudal negara republik Islam tersebut.

Gambar rudal-rudal tersebut ditayangkan di TV dan dilaporkan sebagai “rudal jelajah terbaru Iran yang selanjutnya akan memperkuat kekuatan pencegahan Iran”.

Presiden Hassan Rouhani mengatakan, “Rudal dan khususnya rudal jelajah sangat penting bagi kami … Fakta bahwa kami telah meningkatkan jangkauan dari 300 km menjadi 1.000 km dalam waktu kurang dari dua tahun merupakan pencapaian yang luar biasa”

Dia lantas memastikan bahwa kemampuan negaranya di bidang alutsista semata-semata untuk pertahanan.

“Apa yang dicapai Iran di bidang pertahanan adalah bersifat defensif, bukan ofensif. Kami tidak ingin mengagresi negara manapun,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Negara-negara jiran hendaknya yakin bahwa kekuatan pertahanan kami juga akan menguntungkan mereka, dan kami tidak akan pernah menggunakannya untuk memulai perang di kawasan.”

Di hari ini pula Iran meluncurkan mesin turbo-fan ringan generasi keempat untuk drone canggihnya.

Negeri mullah ini juga meresmikan jalur produksi mesin Owj yang diproduksi di dalam negeri untuk jet tempur Kowsar kursi ganda buatan Iran.

Iran secara rutin mengungkap pencapaian teknologi untuk angkatan bersenjatanya, program luar angkasa, dan program nuklirnya. (mm/irib/aljaeera)

DISKUSI: