Pompeo Tuding Rusia, China, dan Iran Berupaya Pengaruhi Hasil Pilpres AS

0
71

Washington, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menuding Rusia, China, dan Iran berusaha mempengaruhi hasil pemilu presiden (pilpres) di AS dengan cara “menyebarkan informasi yang menyesatkan”.

“Upaya ini kenyataan, datang dari China, dari Iran. Rusia juga mencoba menyebarkan informasi yang menyesatkan,” kata Pompeo dalam wawancara dengan radio KTAR Phoenix yang dipublikasi pada hari Kamis (15/10/2020) di situs Departemen Luar Negeri AS.

“Kami memiliki dua tugas di pemerintahan … berusaha mengidentifikasi informasi ini dan menghentikan penyebarannya, dan memastikan bahwa itu tidak menyebar,” lanjutnya.

AS telah berulang kali menuduh kekuatan asing, terutama Rusia, China dan Iran berusaha mengambil “langkah-langkah pengaruh yang tersembunyi dan terbuka” di tengah konstituen AS.

Presiden petahana AS Donald Trump dari Partai Republik bersaing ketat dengan kandidat Demokrat, Joe Biden, mantan Wakil Presiden AS, dalam pilpres pada 3 November mendatang, di saat negara ini sedang mengalami masalah besar di dalam negeri akibat pandemi Covid-19, krisis ekonomi, dan meroketnya angka pengangguran secara akut.

Surat kabar The Hill sebelumnya menerbitkan laporan yang menyebutkan bahwa Direktur Intelijen Nasional AS, John Ratcliffe, memberi tahu Kongres tentang adanya upaya luas dari luar negeri, terutama Rusia, China, dan Iran, untuk mempengaruhi hasil pilpres AS. (mm/rta)

Baca juga:

Saudi Disebut Pompeo “Sekutu Kunci” dalam Tekanan Maksimum atas Iran

Diplomat Rusia Sebut Pelanggar HAM Terbesar Ada di AS

DISKUSI: