Aliansi al-Fath: AS Pelaku Serangan Roket ke Kedubesnya Sendiri

0
60

Baghdad,LiputanIslam.com-Wakil dari Aliansi al-Fath di Parlemen Irak menyatakan, serangan roket yang terjadi pada Selasa malam (17/11) lalu tidak ada kaitannya sama sekali dengan Poros Perlawanan Irak.

Mukhtar al-Musawi mengatakan kepada al-Maalomah bahwa AS berada di balik serangan roket tersebut. AS disebutnya berupaya mengesankan bahwa Kelompok-kelompok Perlawanan Irak adalah pelaku serangan tersebut demi menebar kericuhan di dalam Irak.

Dia meminta dari Pemerintah Irak agar melakukan sesuatu terkait masalah ini. Al-Musawi meminta Pemerintah Baghdad tidak terlena dan menyadari rencana-rencana jahat Kedubes AS.

Legislator Irak ini meminta dari Pemerintah untuk memublikasikan para tersangka yang ditahan, agar mereka membeberkan fakta serangan roket dan para pelakunya kepada masyarakat.

Komando Operasi Gabungan Irak pada Selasa malam lalu mengabarkan, Zona Hijau di Baghdad dihantam 7 unit roket.

Media-media Irak melaporkan, sistem pertahanan AS yang disebut C-RAM diklaim telah menghancurkan roket-roket tersebut. Sistem pertahanan C-RAM baru dipasang di Kedubes AS di Baghdad beberapa bulan lalu.

Sebelum diadakannya Pilpres AS, muncul wacana soal kemungkinan ditutupnya Kedubes AS di Baghdad, yang bertujuan menekan Pemerintah Irak untuk mengendalikan sentimen anti-AS di negara tersebut.

Sejumlah sumber menggulirkan kemungkinan serangan AS kepada Poros Perlawanan Irak, dengan dalih mereka adalah pelaku serangan-serangan roket ke Kedubes AS di Zona Hijau Baghdad.

Poros Perlawanan Irak sendiri menampik tegas keterlibatan dalam serangan-serangan itu. Kendati menegaskan keharusan Tentara AS untuk segera angkat kaki dari Irak, mereka menyatakan bahwa dalam kondisi sekarang, serangan semacam itu berlawanan dengan kepentingan nasional Irak. (af/fars)

Baca Juga:

Ditemui Menhan Irak, Petinggi Dewan Keamanan Iran Nyatakan Siap Hadapi Pengacau

Legislator Irak: Kedubes AS Bukan Perwakilan Diplomatik, Tapi Pangkalan Militer

DISKUSI: