Yenny Wahid: Hadapi Krisis Global Dengan Kesadaran Kolektif

0
148

Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid mengatakan bahwa untuk menghadapi krisis global yang terjadi saat ini dibutuhkan kesadaran kolektif semua elemen bangsa. Diperlukan pihak yang menginisiatif dan menyatukan ide-ide dan sumber daya yang ada.

“Konkretnya, kita membutuhkan narasi yang lebih baik yang dapat mengarah pada tindakan lebih komprehensif untuk mengatasi krisis global,” ucapnya pada konferensi di Jakarta, seperti dilansir republika.co.id pada Jumat (13/12).

Menurut Yenny, dunia saat ini sedang menghadapi tiga masalah besar yakni disrupsi teknologi, ancaman perubahan ikilim, dan keselapahaman antar-iman. Tiga masalah tersebut sekilas tidak memberikan dampak langsung secara ekonomis. Padahal semuanya akan bermuara pada persoalan ekonomi.

“Tetapi sebenarnya dampak tiga masalah besar tersebut ujungnya mempunyai konsekuensi ekonomi yang dirasakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia,” ujarnya.

Ia mencontohkan soal disrupsi teknologi yang membuat banyak sekali perubahan. Bahkan saat ini mulai banyak pekerjaan yang sebelumnya menggunakan tenaga manusia beralih menggunakan mesin. ”Otomasi dan kecerdasan buatan akan memusnahkan seluruh industri dan mengarah pada penciptaan lapangan kerja baru, sementara jutaan orang kehilangan pekerjaan,” ungkapnya.

Baca: Pagar Nusa Sambut Baik Pencak Silat Jadi Warisan Dunia

Konferensi dua hari itu bertema ”Menghadapi Isu-isu Global Demi Masa Depan yang Makmur dan Berkelanjutan”. Diselenggarakan Heritage Amanah International bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  (aw/republika/liputan6).

 

DISKUSI: