Soal Hukum Mati Koruptor, Wapres: Dibolehkan Agama

0
152

Sumber: wowkeren.com

Jakarta, Liputanislam.com– Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin menanggapi soal wacana penerapan hukuman mati bagi koruptor. Wapres tidak mempermasalahkan hal itu jika ingin diterapkan. Sebab, agama dan negara pun membolehkannya. Salah satunya dalam Undang-undang Nomor 31 Tahun 1991 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Jadi sangat dimungkinkan sesuai dengan UU jadi karena undang-undangnya juga ada mengatur maka pada saat persayaratan itu dipenuhi sangat mungkin untuk dikenakan hukuman mati,” ucapnya di Jakarta pada Rabu (11/12).

Begitu pun secara agama, hukuman mati diperbolehkan bagi kasus pidana tertentu yang dinilai sulit diatasi. Menurutnya, jika hukuman pidana biasa tidak membuat para pelaku pidana tersebut jera, maka hukuman mati diperbolehkan.

“Agama juga membolehkan dalam kasus pidana tertentu yang memang sulit untuk diatasi dengan cara-cara lain. Kalau itu sudah tidak bisa kecuali harus dihukum mati ya dihukum mati dengan syarat-syarat yang ketat sebetulnya itu,” ujarnya.

Baca: Presiden Jokowi Tegaskan Kartu Pra Kerja Bukan Gaji

Namun begitu, Wapres Kiai Ma’ruf mengatakan bahwa yang terpenting tujuan pemberatan hukuman itu, termasuk hukuman mati ialah memberikan efek jera kepada para koruptor dan juga mencegah orang untuk korupsi. “Jadi hukuman mati itu hukuman yang paling tinggi, saya kira membuat orang tidak berani,” tandasnya. (aw/republika/kompas).

 

DISKUSI: