Presiden Minta Semua Program Pemerintah Tepat Sasaran

0
112

Sumber: menpan.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Jokowi meminta semua program pemerintah tepat sasaran. Program Kartu Pra Kerja, Jaminan Kesehatan, dan lain-lain dalam penyalurannya harus benar-benar diperhatikan, diawasi, dan tepat sasaran. Sebab, yang terpenting dari semua program itu ialah kecepatan penyalurannya dan ketepatan penerimanya.

“Saya minta semua program-program yang tadi saya sebutan, baik Kartu Pra Kerja, JKN KIS, PKH, baik Bantuan Pangan Non Tunai ini bisa dilaksanakan secepat-cepatnya,” tegasnya pada Rapat Terbatas (Ratas) tentang Akselerasi Implementasi Program Siap Kerja dan Perlindungan Sosial, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/12) siang.

Pada APBN tahun 2020, untuk program perlindungan sosial pemerintah telah menyiapkan anggaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebanyak 96,8 juta jiwa penerima bantuan. Kemudian Program Keluarga Harapan (PKH) 10 juta keluarga, dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 15,6 juta keluarga yang disalurkan nanti lewat kartu sembako.

“Kartu sembako, keluarga penerima manfaat dapat membeli dan memilih bahan pangan yang lebih beragam. Karena jumlah bantuan yang diterima meningkat dari Rp1,32 juta per keluarga per tahun menjadi Rp1,8 juta rupiah per keluarga per tahun,” ucapnya.

Baca: Lakukan Gerakan Literasi, Kakanwil Sumbar Dapat Penghargaan

Selain itu, ada juga bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi. Pemerintah menyiapkan alokasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah termasuk lanjutan Bidik Misi untuk kurang lebih 818.000 mahasiswa penerima. (aw/liputan6/setkab).

 

DISKUSI: