Lifter Muda Indonesia Jadi yang Terbaik di Kejuaraan Asia

0
4668

Sumber: kompas.com

Uzbekistan, Liputanislam.com– Atlet muda angkat besi (lifter) Indonesia, Windy Cantika Aisah berhasil menjadi yang terbaik di Asia pada Kejuaraan Angkat Besi Remaja dan Junior Asia 2020 di Tashkent, Uzbekistan. Windy berhasil meraih medali emas usai membukukan total angkatan 185 kg dengan snatch 85 kg, dan clean and jerk 100 kg.

Seperti dilansir kompas.com pada Jumat (15/2), Windy turun di kelas 49 kg. ia sukses melakukan angkatan snatch seberat 80 kg di percobaan pertama. Saat menaikkan beban pada kesempatan kedua, ia juga mulus mengangkat beban 85 kg. Namun pada angkatan ketiga, Windy belum berhasil meningkatkan angkatannya pada 87 kg.

Catatan terbaik angkatan clean and jerk Windy juga diraih pada kesempatan pertama dengan beban 100 kg. Pada kesempatan kedua, Windy gagal menaikkan beban menjadi 105 kg dan 106 kg pada kesempatan ketiga. Atas hasil itu, Windy berhasil finis di posisi pertama dan menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

Sedangkan medali perak di kelas tersebut direbut lifter China Taipei, Lin Cheng-Jin, yang membukukan total angkatan 164 kg, dengan snatch 74 kg dan clean and jerk 90 kg. Sementara medali perunggu diraih lifter asal Jepang, Higa Sei, dengan total angkatan 158 kg (snatch 71 kg dan clean and jerk 87 kg).

Baca: Hendra/Ahsan Lolos, Indonesia Tambah Wakil di Olimpiade 2020

Sementara Pelatih Windy, Dirdja Wihardja memberikan apresiasi yang besar kepada Windy. Menurutnya, hasil ini menjadikan peluang Windy terbuka lebar untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. ’’Level kejuaraan ini lebih bergengsi daripada SEA Games. Untuk SEA Games kemarin, levelnya hanya silver. Yang ini gold. Poin untuk meraih tiket Olimpiade Tokyo 2020 tentu semakin terbuka,’’ ungkapnya.

Windy masih punya kesempatan untuk menambah poin. Ada dua kejuaraan besar di depan mata. Pertama, IWF Junior Championship yang berlangsung pada 14–21 Maret di Bukares, Rumania. (aw/kompas/jawapos).

 

DISKUSI:
SHARE THIS: