Kunjungi Ponpes Tebuireng, Menhan: Santri Penjaga NKRI

0
80

Sumber: kemhan.go.id

Jombang, LiputanIslam.com– Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI), Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu menyatakan bahwa para santri harus terus menjadi garda terdepan dalam  menjaga keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  Para santri adalah penjaga bangsa dan negara Indonesia yang berideologi Pancasila.

Demikian itu disampaikan Menhan pada pidato acara bela negara di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur (Jatim), pada Jumat (15/3). Pada kunjungan tersebut, Menhan juga berziarah ke makam Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Para ulama dan santri semua yang hadir lahir dari keturunan para pejuang dan patriot Bangsa Indonesia. Saudara semua juga adalah pewaris utama kemurnian nilai-nilai Pancasila,” ucapnya.

Menurutnya, peran ulama dan santri sangat penting dalam menjaga keutuhan NKRI. ”Kalau para ulama dan para santri tidak melaksanakan bela negara dan tidak membela Pancasila serta UUD 1945, maka saudara telah menjadi pengkhianat kepada bangsa ini,” ujarnya.

Menhan juga mengingatkan tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa saat ini, yakni adanya pihak tertentu yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain. ”Ancaman ini berbentuk kekuatan soft power, yang berupaya untuk merusak jati diri Bangsa Indonesia melalui pengaruh kehidupan ideologi asing yang beraliran materialisme,” tandasnya. (aw/jawapos).

DISKUSI: