Kementan Targetkan Nilai Ekspor Perkebunan Rp 1.000 Triliun

0
91

Sumber: agroindustri.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan nilai ekspor perkebunan dalam lima tahun ke depan naik hingga Rp 1.000 triliun.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Kasdi Subagyono mengatakan, target ekspor ini akan dicapai dengan meningkatkan produksi beberapa komoditas unggulan, yaitu karet, kayu manis, the, cengkeh, dan nilam.

“Ini adalah frame bagaimana caranya agar produksi naik 7 persen per tahun sehingga selama lima tahun bisa menjadi 35 persen,” kata Kasdi di Jakarta, Rabu (8/1).

Baca: Mentan Sebut Ekspor Perkebunan Naik 800 Persen

Dia menerangkan, saat ini rata-rata nilai ekspor komoditas perkebunan berada di kisaran Rp 300 triliun. Untuk mencapai Rp 1.000 triliun, produksi komoditas perkebunan dari hulu sampai hilir harus terus digenjot.

“Nilai ekspor komoditas perkebunan tahun 2019 lalu sekitar Rp 300 triliun. Tahun 2024 kita target nilai ekspor produk dari hulu sampai hili mencapai Rp 1.000 triliun. Kita akan bahas hibridisasinya,” terangnya.

Dia menyampaikan, Kementan membuka seluas-luasnya investasi ke sub sektor perkebunan. Selain itu, Kementan juga telah membentuk 1.000 Komando Strategi Tania tau Kostra Tani di seluruh Indonesia untuk membantu pendampingan dari pusat.

Di samping itu, Kementan telah bertemu dan meminta komitmen sejumlah pimpinan perusahaan, eksportir dan Dewan Komoditas Perkebunan dan Asosiasi Pengusaha. (sh/republika/katadata)

 

 

DISKUSI: