Kemenpora Gencar Kampanyekan Pencak Silat di Kancah Dunia

0
72

Sumber: suara.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Kemeterian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) terus gencar mengempanyekan Silat di kancah dunia. Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Niam Sholeh menyatakan bahwa Pencak Silat sebagai seni bela diri khas Indonesia ini tengah diajukan menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan di ajang olimpiade.

“Kemenpora melalui Menpora @nahrawi_imam sedang gencar mengampanyekan silat go internasional,” tulisnya di akun Instagramnya, seperti dilansir NU Online Jakarta, pada Selasa (19/3).

Bahkan menurut Niam, pihaknya saat ini sedang memberi pelatihan silat kepada 10 peserta program pertukaran pelajar Jepang, Asia Tenggara, dan Timor Leste Batch 25. “Sebelum berangkat delegasi diberi latihan silat,” ungkapnya.

Seni Pencak Silat diharapkan bisa dikenal dan bahkan digemari oleh komunitas global. “Tidak hanya diterima sebagai salah satu cabang yang dipertandingkan di olimpiade, tapi juga dikenal dan digemari oleh komunitas global,” ucapnya.

Upaya untuk membuat Pencak Silat go internasional ini, lanjut Niam, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi agar budaya Indonesia mendunia. “Untuk itu, semua delegasi Pemuda Indonesia, di samping untuk program pertukaran Pemuda, juga sebagai duta silat Indonesia,” tandasnya. (aw/NU Online).

DISKUSI: