Menag Ajak Umat Hindu Wujudkan Pemilu Damai

0
72

Sumber: Kompas.Id

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), Lukman Hakim Saifuddin menghadiri upacara Tawur Agung Kesanga jelang Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1491 di Candi Prambanan, Yogyakarta, pada Rabu (6/3). Pada kesempatan itu, Menag mengapresiasi umat Hindu yang mengangkat tema Pemilu Damai pada Perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini.

“Perayaan Hari Suci Nyepi dengan tema sentral Melalui Catur Barata Penyepian Kita Sukseskan Pemilu 2019. Tema ini bukan sekedar jargon semata, tetapi penting dan strategis membuat pemilu damai serta menjadi pengingat semua orang agar pemilu bisa berlangsung aman dan damai,” ucapnya.

Menurut Menag, sebagai bangsa yang besar dengan berbagai keragaman maka perlu menginternalisasi semboyan Bhineka Tunggal Ika. Terlebih di tahun politik seperti sekarang ini. Pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) jangan sampai merusak persatuan dan kesatuan kita ssebagai bangsa.

“Harusnya pemilu ini menjadi pesta yang menggembirakan. Bukan justru menjadi ajang saling menghujat yang bisa membuat kehidupan berbangsa dan bernegara retak,” tegasnya.

Oleh karena itu, Menag Lukman mengajak masyarakat Indonesia khsusunya umat Hindu untuk bersama-sama mewujudkan pemilu aman dan damai. Hajatan lima tahunan (Pemilu) ini tidak boleh memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. (aw/kumparan).

DISKUSI: