Gus Ishom: Buang Sampah Sembarangan Bentuk Kezaliman

0
58

Sumber: islam-institute.com

Jakarta, Liputanislam.com– Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Ishomuddin (Gus Ishom) mengaku prihatin terhadap masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam yang belum memiliki kesadaran secara sungguh-sungguh terkait pentingnya menjaga lingkungan. Masih banyak masyarakat yang suka buang sampah sembarangan. Padahal hal itu menurutnya adalah salah satu bentuk kezaliman.

Demikian disampaikan Gus Ishom saat memberikan pidato pengantar pada Forum Group Discussion (FGD) yang mengangkat tema “Konsep Islam tentang Pemeliharaan Lingkungan: Solusi Pengelolaan Sampah Plastik” di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, pada Kamis 24/1).

“Indonesia yang dihuni mayoritas umat Islam, kapan dan di mana saja sampah-sampah berserakan. Di mana saja kita menemukan orang-orang yang tidak memiliki kesadaran terhadap sampah, sehingga mereka membuang sampah tidak pada tempatnya,” ujarnya.

Membuang sampah khususnya sampah plastik secara sembarangan masuk dalam kategori ketidakadilan atau kezaliman karena menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. “Membuang sampah sembarangan merupakan kezaliman yang berakibat pada bahaya, pada manusia yang tinggal di lingkungan itu,” ucapnya.

Oleh karena itu, Gus Ishom mengajak semua pihak agar memiliki kesadaran akan sampah. Menurutnya, menjaga lingkungan bukan hanya tugas pemerintah dan ulama, tetapi ialah tugas semua manusia. “(Penanganan sampah) bukan saja tugas ulama di Nahdlatul Ulama, tapi juga tugas pemerintah. Sesuai dengan perintah Allah di dalam Al-Qur’an wata’awanu ‘alal birri wat taqwa,” ungkapnya. (aw/NU Online).

 

DISKUSI: