Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Boven Digul Papua

0
95

Sumber JPNN

LiputanIslam.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebutkan bahwa gempa dengan magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua, pada Minggu, pukul 04.19 WIB. Namun kemudian dimutakhirkan menjadi 5,0 SR.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono melalui keterangan tertulis yang diterima di Jayapura, Minggu, mengatakan pada Minggu, 22 Maret 2020, pukul 04.19 WIB wilayah Boven Digoel, Papua diguncang gempa tektonik.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo 5,2 yang kemudian dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,0,” katanya.

Menurut dia, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.52 Lintang Selatan dan 141.35 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 131 km arah Timur Laut Kota Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Papua, pada kedalaman 10 kilometer.

Ia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat aktivitas zona lipatan dan sesar naik Papua (Papua Fold and Thrust Belt).

Baca juga: Cegah Sebaran Covid-19, Kapolri Keluarkan Maklumat

Hingga pukul 06.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Rahmat mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Ia pun  menambahkan kepastian informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (Ay/Antara/merdeka)

DISKUSI: