Forum Betawi Minta Ada Pergub Pelestarian Budaya Betawi

0
286

Sumber: Merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Forum Betawi Rempug (FBR), Lutfi Hakim meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pelestarian budaya Betawi. Peraturan daerah (Perda) nomor 4 tahun 2015 yang ada sekarang menurutnya masih kurang kuat sebagai payung hukum dalam upaya melesatarikan budaya Betawi.

“(Perlu) Pergub, makanya saya bilang setengah hati melaksanakan Perda nomor 4 tahun 2015,” ujarnya di Jakarta, seperti dilansir detik.com, pada Minggu (10/3).

Menurutnya, ada empat hal yang perlu ada dalam pergub budaya Betawi, yaitu Pergub tentang souvenir Betawi, batik Betawi, mata pelajaran budaya Betawi di sekolah, dan kuliner Betawi untuk hotel, mal, dan restoran. “Kita minta payung hukum, kalau payung hukum akomodir masyarakat Betawi keseluruhan baik yang sekarang maupun yang akan lahir,” ucpanya.

Lutfi mengatakan bahwa Anies sudah selayaknya segera menerbitkan Pergub karena ia telah memasuki dua tahun memimpin DKI Jakarta. “Saya kira sesegera mungkin, dia kan udah setahun lebih menjabat,” katanya.

“Kita juga bukan kufur nikmat, diangkat beberapa wali kota dari Betawi, kita akui. tapi kita butuh payung hukum yang bisa akomodir masyarakat Betawi,” tandasnya. (aw/detik).

DISKUSI: