DPRD Jabar Usulkan Lockdown di Wilayah Pantura dan Selatan Jabar

0
116

Sumber: Pikiran Rakyat

LiputanIslam.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengusulkan untuk memberlakukan lockdown untuk beberapa daerah di Provinsi Jabar, seperti di wilayah Pantura dan Selatan Jabar.

Ketua DPRD Provinsi Jabar Taufik Hidayat menyampaikan usulan tersebut, saat menggelar rapat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Kamis (26/3).

Usulan tersebut diutarakan karena pihaknya mengamati semakin masifnya warga asal Provinsi Jabar di DKI Jakarta yang pulang kampung.

Menyikapi usulan DPRD Jabar tersebut, Gubernur Jabar M Ridwan Kamil atau Kang Emil mengatakan pihaknya akan menyampaikan usulan itu kepada pemerintah pusat.

Kang Emil mengatakan peningkatan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Provinsi Jabar dikarenakan banyaknya warga perantau asal Jabar dari Jakarta yang pulang kampung.

“Problem hari ini ODP melonjak karena orang-orang yang harusnya tinggal di Jakarta mempergunakan tidak kerja ini malah pulang ke daerahnya seperti mudik, nah ini yang menjadi kendala besar sehingga kita akan lakukan sebuah tindakan yang lebih preventif,” kata Kang Emil.

Baca juga: Polri: Hingga Kamis, Hoaks COVID-19 Capai 46 Kasus

Sebelumnya, wabah virus corona telah menjangkiti tiga kepala daerah di Provinsi Jawa Barat (Jabar), dengan kasus terbaru adalah Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana yang dinyatakan positif terkena COVID-19.  Sebelumnya ada Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Ketiga kepala daerah tersebut dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani pro aktif tes yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (Ay/Antara)

DISKUSI: