Di Pesantren, Menkominfo Ajak Santri Bijak Gunakan Medsos

0
59

Sumber: nu.or.id

Jombang, LiputanIslam.com– Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo RI), Rudiantara mengajak masyarakat Indonesia, khususnya kalangan santri agar bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). Demikian itu ia sampaikan pada acara  ‘Seminar Santri Digital’ di Aula Pondok Mambau’ul Ma’arif Denanyar Jombang, Jawa Timur, seperti dilansir NU Online, pada Minggu (3/3).

Menkominfo mengatakan bahwa saat ini sewaktu akan melamar pekerjaan ke perusahaan, selain diminta CV, perusahaan juga meminta alamat dari sosial media pelamar. Untuk itu, ia mengajak para santri selalu memposting hal-hal positif ketika di sosial media.

“Kalian santri Mambaul Ma’arif pasti setelah lulus pondok, madrasah bakal mendaftar kuliah. Setelahnya melamar kerja. Saat ini perusahaan tidak hanya meminta CV saja, tapi alamat sosial media kita juga. Maka, postinglah semua hal yang positif,” ucapnya.

Ia mengingatkan agar para santri mengedepankan prinsip tabayun atau klarifikasi terlebih dahulu saat menerima informasi. “Yang pertama tabayun, kedua tabayun, ketiga tabayun. Kita diajarkan dalam Islam untuk tabayun, tabayun, tabayun,” katanya.

Selain itu, Menkominfo  Rudiantara juga mendorong santri-santri untuk memanfaatkan perkembangan dunia digital.“Dengan adanya internet, seharusnya bisa lebih memudahkan orang untuk berbisnis. Sebut saja Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya. Mau tidak mau harus masuk ke dunia digital,” tandasnya. (aw/NU Online).

DISKUSI: