Cegah Mudik, Bamsoet Minta Kepala Daerah Sinergi dengan Kades

0
212

Sumber: Rakyat Merdeka

LiputanIslam.com — Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta para gubernur, bupati, dan wali kota membangun sinergi dengan ribuan kepala desa untuk melakukan upaya cegah-tangkal penularan COVID-19 dengan melarang mudik.

“Kerja cegah-tangkal penularan COVID-19 menjadi lebih efektif karena para kepala desa juga tidak ingin warganya yang bermukim di perkotaan melaksanakan mudik Lebaran tahun 2020,” kata Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (15/4).

Dia mengatakan, untuk membangun sinergi itu, para kepala daerah perlu menyimak dan mencermati dua hasil survei oleh institusi pemerintah yang menyelenggarakan survei dengan responden 3.931 kepala desa dari 31 provinsi, hasilnya sungguh aspiratif dan menunjukkan betapa peduli dan waspadanya para kepala desa terhadap pandemi COVID-19.

“Sebab, tidak kurang dari 89,75 persen dari semua kepala desa itu menyatakan tidak setuju jika warganya yang bermukim di perkotaan melakukan mudik Lebaran 2020 di tengah pandemi COVID-19,” ujarnya.

Baca juga: Dampak COVID-19, Presiden Siapkan 4 Langkah untuk UMKM

Hasil survei daring oleh Balitbanghub terhadap 42.890 responden juga menunjukkan kecenderungan yang melegakan. Menurut dia, survei itu menunjukkan bahwa 56 persen responden memutuskan tidak mudik di tengah pandemi COVID-19.

Menurut dia, memang dalam beberapa kesempatan, masih ditemukan kasus yang memperlihatkan oknum warga kurang peduli tentang tujuan pembatasan sosial dan sepanjang periode mudik tahun ini, kasus-kasus seperti itu diperkirakan akan banyak terjadi. (Ay/Antara/Rakyat Merdeka)

DISKUSI: