Anggota DPR Minta Menkes Jujur dan Terbuka Soal Jumlah Alat Tes dan Pasien Corona di Indonesia

0
114

Sumber: CNN Indonesia

LiputanIslam.com — Anggota Komisi IX DPR Dewi Aryani meminta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terbuka soal jumlah alat tes dan pasien yang sudah dites karena diduga terjangkit virus corona (COVID-19).

“Menkes sebaiknya jujur ada berapa jumlah alatnya dan berapa jumlah pasien yang sudah dites dalam beberapa waktu ini,” kata Dewi di Jakarta, Selasa (10/3).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu membandingkan dengan Singapura, Korea, dan lain-lain yang sudah melakukan tes kepada puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang. Sedangkan di Indonesia baru 300-an orang saja.

Menurutnya, hal ini tidak masuk akal dengan luasan wilayah dan pintu masuk ke negara ini yang begitu banyak dan beragam.

Oleh karena itu, Dewi meminta pemerintah lebih terbuka dan jika memang dibutuhkan hendaknya segera melakukan langkah cepat untuk menambah alat dan menambah jumlah orang yang dites.

“Bukan untuk membuat panik, tapi lakukan secara proporsional merata di semua provinsi. Jangan anggap sepele dan santai menyikapi hal ini,” tandas Dewi.

Baca juga: Pasien Positif Corona Bertambah Jadi 19

Selain itu, sebelumnya, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mendesak pemerintah terbuka dalam memberikan informasi mengenai wabah virus Corona di Tanah Air.

“Kami menyerukan pemerintah wajib memberikan informasi akurat, kredibel dan transparan dalam perkara Covid-19,” kata Ketua AJI Jakarta Asnil Bambani melalui keterangan tertulis, Senin (2/3/2020).

Sementara itu, kepada media, AJI Jakarta mengimbau agar menggunakan narasumber yang kredibel. (Ay/Antara/Kompas)

DISKUSI: