Ajak Masyarakat Social Distancing, Sekjen MUI Apresiasi Dokter Paru

0
141

Sumber Republika

LiputanIslam.com — Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas mengapresiasi unggahan dokter spesialis paru Rumah Sakit Persahabatan Mohamad Fahmi Alatas yang mengajak masyarakat, terutama umat Islam, melakukan jaga jarak fisik dengan tidak berkerumun guna mencegah penularan COVID-19.

“Imbauan dokter Fahmi benar-benar menghujam dan meluluhkan hati kita,” kata Buya Anwar kepada wartawan di Jakarta, Senin (23/3).

Dia mengatakan dokter Rumah Sakit (RS) Persahabatan itu telah mengingatkan masyarakat untuk mengurangi kegiatan berkerumun sementara sehingga bisa mengurangi beban pelayanan tenaga medis, terutama dari dokter spesialis paru yang terbatas jumlahnya.

Baca juga: BMKG Prediksi April Jadi Awal Musim Kemarau

Keterbatasan tenaga medis, kata dia, bisa menjadi bom waktu jika jumlah penderita COVID-19 melonjak seketika sementara ahli kesehatan jumlahnya tidak akan bertambah dan cenderung kurang.

“Maka bantu mereka dengan tidak menghadiri tempat-tempat keramaian bagi memutus mata rantai penularan virus corona tersebut,” kata Anwar merujuk virus SARS-CoV-2.

Dokter Fahmi melalui media sosial Youtube mengingatkan masyarakat untuk dapat membatasi diri agar dapat melakukan jaga jarak fisik dari orang lain untuk memutus penularan COVID-19. (Ay/Antara/Republika)

DISKUSI: